8 Atlet Terkaya di Dunia Tahun 2018, Nomor 1 Dari Indonesia

190
Bukan Mayweather, Ronaldo & Messi. Ini 8 Atlet Terkaya di Dunia 2018
Ilustrasi: Jii Libranto (Doc. Wikiwindu.com)

Wikiwindu – Siapakah atlet terkaya di dunia tahun 2018? Bagi pecinta dunia olahraga setidaknya jawaban yang muncul adalah Ronaldo, Messi, Neymar atau Tiger Wood.

Ternyata dalam daftar atlet terkaya di dunia tahun 2018 versi Wikiwindu, tidak ada satupun pesepakbola (pemain sepakbola) yang masuk dalam daftar 8 atlet terkaya di dunia tahun 2018.

Nama-nama yang ada dalam daftar 8 atlet terkaya di dunia tahun 2018 didominasi atlet-atlet yang sudah pensiun tetapi tetap hidup dan sukses menjalankan usaha dari hobinya.

Dikutip dan disadur dari berbagai sumber serta dari CelebrityNetworth, Berikut ini 8 atlet terkaya di dunia versi Wikiwindu.

8Magic Johnson

Earvin “Magic” Johnson kelahiran Agustus 1959 di Michigan ini tidak memiliki darah olahraga di keluarganya.

Ayahnya merupakan seorang pebengkel dan ibunya bekerja sebagai office girl. Tetapi Magic Johnson membuktikan tidak ada yang tidak mungkin jika bekerja keras dan tekun.

Penampilan perdananya tahun 1979 bersama Los Angeles Lakers mengukuhkan diri sebagai MPV serta membawa timnya menembus partai final.

Setelah pensiun, Magic Johnson menggunakan hampir sebagian besar pendapatannya selama berkarir untuk membangun sebuah perusahaan Showbiz dan Marketing.

Hasil pemikirannya berbuah sangat manis. Perusahaannya saat ini setidaknya memiliki valuasi US$ 1 miliar.

Magic Johnson juga pernah memiliki saham di Los Angeles Lakers dan Starbucks. Ia juga diketahui membeli tim Los Angeles Dodgers dengan mahar US$ 2 miliar.

Baca Ini Juga:
  8 Negara Penghasil Minyak Bumi Terbesar di Dunia

Pada tahun 2018, Magic Johnson setidaknya mengumpulkan pundi-pundi uang sebesar US$ 600 atau sekitar Rp 8,76 triliun.

7Arnold Palmer

Arnold Palmer merupakan mantan pemain golf profesional Amerika yang sukses mengumpulkan pundi-pundi kekayaan dari gaji dan endorsement selama berkarir sebesar US$ 1,3 triliun.

Arnold Daniel Palmer juga pernah dinobatkan sebagai salah satu pemain golf profesional terbaik sepanjang masa dan masuk dalam World Golf Hall of Fame pada tahun 1974.

Setelah pensiun, Palmer mendirikan banyak sekali lapangan golf dan menjajaki banyak lini bisnis termasuk lisensi, endorse dan kemitraan di dunia olahraga.

Dari keseluruhan bisnis tersebut, setidaknya Arnold Palmer pada tahun 2018 memiliki kekayaan bersih sebesar US$ 700 atau sekitar Rp 10 triliun.

Arnold Palmer meninggal Dunia pada 25 September 2016.

6Tiger Wood

Memiliki pendapatan tahunan sebesar US$ 50 juta bukanlah alasan utama Tiger Wood mampu mengumpulkan kekayaan bersih sebesar US$ 760 miliar atau sekitar Rp 11,1 triliun pada tahun 2018.

Pendapatan terbesar Tiger Wood bersumber dari endorsement. Selama berkarir Tiger Wood sudah 9 kali menyandang gelar PGA Player.

5Michael Schumacher

Michael Schumacher merupakan mantan pembalap Formula One asal Jerman yang masih stabil memiliki pendapatan US$ 50 juta pertahun dari endorsement meskipun tidak aktif lagi sebagai pembalap.

Baca Ini Juga:
  8 Jembatan Terpanjang di Dunia

Juara dunia 7 kali Formula One ini pada tahun 2018 setidaknya mengumpulkan pundi-pundi kekayaan sebesar US$ 800 juta atau sekitar Rp 11,7 triliun.

4Michael Jordan

Michael Jordan setidaknya mengumpulkan pendapatan tahunan US$ 60 juta hanya dari penjualan Nike Air Jordan.

Saat masih bermain aktif bersama Chicago Bulls, Michael Jordan setidaknya mendapatkan penghasilan US$ 30 juta pertahun.

Saat ini setidaknya Michael Jordan mendapatkan penghasilan stabil diangka US$ 90 juta pertahun dari endorsement, royalti dan bisnis.

Pada tahun 2018 setidaknya Michael Jordan mengumpulkan pundi-pundi kekayaan bersih sebesar US$ 1,5 miliar atau sekitar Rp 22 triliun.

3Vince McMahon

Mantan pemain gulat, komentator dan promotor pertandingan gulat profesional ini cukup sukses menjalankan bisnis dibidang olahraga khususnya gulat profesional Amerika.

Selama berkarir dan saat ini menjalankan bisnis setidaknya Vince McMahon memiliki kekayaan bersih sebesar US$ 1,6 miliar atau sekitar Rp 23,3 triliun.

2Ion Tiriac

Ion Tiriac merupakan mantan pemain Ice Hockey profesional asal Romania. Ia juga sempat menjalani karir profesional sebagai pemain tennis.

Setelah pensiun dari dunia olahraga, Ion Tiriac memulai kerajaan bisnis dengan membuka Bank, Holding, perusahaan pesawat komersial, perusahaan asuransi, perusahaan otomotif dan Travel.

Baca Ini Juga:
  8 Negara Yang Tidak Memperoleh Medali di Asian Games 2018

Pada tahun 2018 setidaknya Ion Tiriac memiliki kekayaan sebesar US$ 2 miliar atau sekitar Rp 29 triliun.

1Michael Bambang Hartono

Michael Bambang Hartono adalah salah satu atlet kontingen Indonesia di Asian Games 2018 sekaligus atlet tertua Indonesia yang masih produktif bertanding digelaran olahraga dunia.

Bambang Hartono bertanding di cabang olahraga Bridge bersama rekannya Bert Toar Polii dan berhasil mempersembahkan medali perunggu.

Michael Bambang Hartono merupakan salah satuorang paling kaya di Indonesia dan nomor 75 orang paling kaya di dunia versi Forbes.

Hartono bersaudara merupakan pemiliki Djarum, sebuah merek rokok asal Kudus, Indonesia. Keluarga Hartono juga menjalankan bisnis perbankan yaitu Bank Central Asia.

Michael Hartono mulai menggeluri olahraga Bridge sejak berumur 6 tahun dan pernah memenangkan medali emas dari World Bridge Federation.

Saat ini terdata setidaknya Michael Hartono memiliki kekayaan sebesar US$ 11.5 miliar atau sekitar Rp 168 triliun.

Text & ilustrasi: Jii Libranto