8 Buah Yang Sering Dianggap Golongan Sayur

213
buah yang sering dianggap sayur
Ilustrasi Wikiwindu / Jii Libranto

Wikiwindu – Tomat merupakan salah satu nama buah yang sering dianggap sayur. Bentuknya memang terlihat seperti buah-buahan tetapi lebih sering dijadikan bahan masakan didapur.

Namun tomat bukan satu-satunya buah yang sering dianggap sayur. Bahkan beberapa bahan masakan yang sering digunakan di dapur pun banyak yang masih digolongkan sebagai sayuran.

Nah, untuk menambah pengetahuan, berikut ini Wikiwindu Knowledge bagikan 8 buah yang sering dianggap sayur.
8
Photo by FOODISM360 on Unsplash

Paprika

Paprika merupakan salah satu buah yang sering dianggap sayur. Buah dengan nama latin Capsicum annuum ini mempunyai kombinasi rasa manis dan pedas dari suku terong-terongan.

Meskipun sering digunakan sebagai penambah variasi rasa dan penampilan untuk masakan, paprika yang mengandung banyak antioksidan dan vitamin C ini bukanlah golongan sayur.

Tanaman yang berasal dari Amerika Selatan ini pembudidayaannya di Indonesia bisa kita temukan di provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi Selatan.

7
Photo by Roderico Y. Díaz on Unsplash

Jagung

Bulir tanaman yang kaya akan karbohidrat ini merupakan panganan pokok penduduk Amerika Tengah, Amerika Selatan, Afrika dan sebagian wilayah di Indonesia. Bijian utuh jagung dapat di rebus, dipanggang, disangrai dan digoreng.

Beberapa masakan Khas Indonesia seperti Sayur Asem dan Sayur Bening salah satu isinya adalah potongan tongkol Jagung muda. Meskipun begitu, tanaman yang memiliki nama latin Zea Mays ini bukan termasuk sayur melainkan buah.

Baca Ini Juga:
  8 Negara Dengan Jumlah Populasi Wanitanya Jauh Melebihi Pria
6
Photo by Harshal S. Hirve on Unsplash

Mentimun

Tanaman yang masuk kedalam golongan labu-labuan ini sering kita temui sebagai aksesoris pecel ayam. Meskipun sering disandingkan dengan masakan, mentimum bukanlah golongan sayur.

Mentimum memiliki kandungan vitamin A, B, C dan kandungan air yang tinggi serta mineral yang membuat potongan mentimun sering digunakan untuk membantu melembabkan wajah.

5
Photo by Wibowo Djatmiko on Wikimedia Commons

Bengkoang

Selain nama bengkoang, di Indonesia tanaman ini dikenal dengan sebutan Bengkuang dan Besusu. Tanaman ini juga merupakan masuk golongan buah.

Umbi bengkoang mengandung gula, pati, fosfor dan kalsium. Selain sering masuk sebagai komposisi panganan rujak, bengkoang juga sering dimanfaatkan sebagai penyegar kulit dan makanan diet rendah kalori.

4
Photo by Dan Gold on Unsplash

Tomat

Tumbuhan asli benua Amerika ini berasal dari keluarga suku tumbuhan berbunga (Solanaceae). Meskipun sering dimasak sebagai sayuran dan penambah rasa, tomat bukanlah golongan sayur. Selain dimasak, tomat juga bisa dimakan langsung tanpa diproses seperti buah pada umumnya.

3
Photo by Tahir mq on Wikimedia Commons

Terong

Lebih dikenal dengan nama Terung di Indonesia, tumbuhan ini ternyata berasal dari negara India dan Sri Langka. Dari segi botani, tanamana ini digolongkan sebagai buah dan masuk kedalam kelas beri karena lembut dan memiliki biji kecil.

2
Photo by Gabby Orcutt on Unsplash

Labu

Meskipun sering dimasak sebagai sayuran, Labu bukanlah golongan sayur. Tanaman yang masuk klasifikasi Cucurbitaceae masuk kedalam golongan buah. Di Indonesia tanaman ini lebih sering diolah terlebih dahulu sebelum dimakan ketimbang dimakan saat segar.

Baca Ini Juga:
  8 Aplikasi dan Situs yang Pernah Diblokir Menkominfo
1
Photo by Kinori on Wikimedia Commons

Lobak

Tanaman yang berasal dari negeri Tiongkok ini cukup populer dibudidayakan di Indonesia. Umbi tanaman ini mirip wortel dan memiliki warna pucat hijau dan putih. Umbi Lobak sering dijadikan campuran masakan Soto, Acar dan masakan sayuran lainnya. Meskipun begitu, Lobak bukanlah golongan sayur melainkan buah.

Tanaman ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan karena dipercaya bisa mengobati demam, gangguan ginjal dan batuk.

Referensi: Daftar Buah-buahan