8 Gedung Tertinggi di Dunia, 7 Diantaranya Ada di Asia

39
8 Gedung Tertinggi di Dunia, 7 Diantaranya Ada di Asia
Ilustrasi Wikiwindu / Jii Libranto

Wikiwindu – Melihat susunan gedung-gedung tinggi di area perkotaan merupakan pemandangan yang biasa. Tetapi bagaimana jika kamu tinggal ataupun bekerja di gedung tertinggi di dunia?

Bisa dibayangkan bagaimana pusingnya pandangan mata saat melihat kearah atas ujung gedung tinggi tersebut. Gedung 10 lantai saja pun saat dipandangi seakan-akan ingin jatuh menimpa kita.

Bagaimana jika gedung yang kamu lihat itu merupakan gedung tertinggi didunia?

Berikut ini 8 gedung tertinggi di dunia bahkan 7 diantaranya ada di benua Asia versi Wikiwindu.
8
Photo Guangzhou CTF Finance Centre via Wikipedia

CTF Finance Centre

Gedung yang terletak di pusat kota Guangdong, Guangshou ini dikenal juga dengan nama “East Tower”. Gedung ini dibuka pertama kali pada Oktober 2016 dimana diperkirakan gedung ini memiliki tinggi 530 m.

Ghuangzhou CTF Finance tower merupakan salah satu gedung dengan elevator tercepat didunia yakni mencapai 20m/dtk. CTF Finance Centre ini dimiliki dan dikelola oleh Chow Tai Fook Enterprise.

7
Photo One World Trade Centre via Wikipedia

One World Trade Centre

Gedung One World Trace Centre merupakan bangunan pencakar langit pengganti gedung World Trade Centre. Gedung ini terletak di kota Manhattan, New York.

One World Trade Centre memiliki total 114 lantai dengan ketinggian mencapai  541 m. Gedung ini juga merupakan salah satu bangunan pencakar langit dengan biaya pembangunan tertinggi di dunia yaitu sekitar US$ 3,8 Triliun.

Baca Ini Juga:
  8 Atlet Terkaya di Dunia Tahun 2018, Nomor 1 Dari Indonesia
6
Photo Lotte World Tower via Wikipedia

Lotte World Tower

Gedung tertinggi di Korea Selatan ini resmi beroperasi pada 3 April 2017. Lotter World Tower memiliki 123 lantai dengan ketinggian 554,5 m dimana pembangunan Gedung Lotter World Tower memakan waktu lebih dari 5 tahun.

Lotter World Tower merupakan gabungan fasilitas perkantoran, hunian, hotel dan dek observasi dimana orang-orang diperbolehkan untuk melihat sekeliling kota Seoul dari salah satu gedung tertinggi di dunia ini.

5
Photo Goldin Finance 117 via Wikipedia

Goldin Finance 117

Gedung yang memiliki nama lain “China 117 Tower” ini merupakan gedung pencakar langit tertinggi nomor 2 di China.

Goldin Finance 117 pembangunannya memakan waktu sekitar 6 tahun dan sering mengalami penghentian pembangunan sementara dan mengubah dan menambah ujung bangunan.

Gedung yang direncanakan beroperasi tahun 2019 ini memiliki ketinggian 597 m dengan total lantai sebanyak 117.

4
Photo Ping An Finance Centre via Wikipedia

Ping Ah Finance Centre

Pembangunan gedung pencakar langit Ping Ah Finance Centre selesai pada tahun 2017 dan hingga tahun 2018 masih menjadi gedung tertinggi di dunia no 4.

Gedung yang pembangunannya memakan waktu 7 tahun ini memiliki 115 lantai ditambah dengan lantai bawah tanah dan memiliki ketinggian 599 m.

Ping Ah Finance Centre memiliki ketinggian gedung 555 m dan 44 meter lagi merupakan menara antena.

3
Photo Makkah Royal Clock Tower via Wikipedia

Makkah Royal Clock Tower

Gedung pencakar langit tertinggi nomor 3 di dunia ini terletak di komplek Abraj al Bait, Makkah, Arab Saudi.

Baca Ini Juga:
  8 Hewan Terkuat Di Dunia

Bangunan ini memiliki ketinggian 601 m dan merupakan bangunan menara jam terbesar di dunia. Bentuk jam pada ujung teratas bangunan sebelum tower antena bisa dilihat hingga dari jarak 17 km.

2
Photo Shanghai Tower via Wikipedia

Shanghai Tower

Shanghai Tower merupakan gedung pencakar langit tertinggi nomor satu di China. Tidak hanya itu, Shanghai tower juga merupakan gedung dengan elevator tercepat di dunia yakni kecepatan mencapai 20.5 m/dtk.

Gedung yang terletak di Lujiazui, Pudong ini memiliki ketinggian 632 m dan juga merupakan gedung dengan dek observasi tertinggi di dunia.

1
Photo Burj Khalifa via Wikipedia

Burj Khalifa

Gedung tertinggi di dunia nomor 1 adalah Burj Khalifa. Gedung pencakar langit ini berlokasi di Dubai, Uni Emirat Arab.

Burj Khalifa memiliki total ketinggian 829,8 m dan menjadi gedung tertinggi di dunia sejak dilakukan pembangunan tambahan pada akhir tahun 2008.

Total biaya pembangunan Burj Khalifa yaitu sekitar US$ 1,5 Triliun dimana pembangunan dimulai pada tahun 2004 dan selesai pada tahun 2010.