8 Jenis Tanaman Obat Herbal yang Berguna Untuk Kesehatan

27
8 Jenis Tanaman Obat Herbal yang Berguna Untuk Kesehatan
Ilustrasi: Jii Libranto (Doc. Wikiwindu.com)

8Pasak Bumi

Tanaman obat dengan nama latin Eurycoma Longifolia ini sangat ampuh digunakan sebagai obat herbal khususnya untuk pria dalam mengatasi ejakulasi dini serta memperbaiki kadar testosteron.

7Mengkudu

Tanaman obat Mengkudu memiliki nama latin Morinda Citrifolia. Tanaman obat yang bentuknya mirip sarang lebah ini di Indonesia dikenal dengan banyak sebutan.

Mengkudu dikenal dengan nama Cangkudu, Kudu dan Keumeude pada beberapa daerah di Indonesia. Selain memiliki banyak nama, khasiat mengkudu juga banyak sekali terutama yang berhubungan dengan Jantung.

Tanaman obat Mengkudu dapat mencegah dan mengobati penyakit jantung jika rajin dikonsumsi.

6Buah Makasar

Tanaman obat dengan nama latin Brucea Javanice ini bentuknya sangat berbedea dengan Mengkudu. Tetapi kalau rasanya, sama-sama pahit sekali.

Kalau Mengkudu dapat mengobati berbagai penyakit yang berhubungan dengan jantung, maka Buah Makasar ini cocok untuk dikonsumsi orang yang bermasalah dengan penyakit gula.

Mengkonsumsi Buah Makasar dapat mengobati Diabetes dan menurunkan kadar gula berlebih dalam tubuh. Kamu bisa mengolah sendiri dengan cara mengeringkan Buah Makasar dan dan diseduh seperti bubuh teh dan airnya diminum.

5Lidah Buaya

Lidah Buaya memiliki nama latin Aloe Vera. Tanaman obat ini banyak sekali digunakan sebagai bahan utama dari produk kesehatan dan kecantikan.

Baca Ini Juga:
  8 Tips Memudarkan Ketiak Hitam Secara Alami

Lidah Buaya memang memiliki banyak sekali manfaat seperti mempercepat penyembuhan luka, meningkatkan kekebalan tubuh, membasmi plak gigi, mengurangi berat badan, membasmi jerawat dan banyak lagi manfaat dari Aloe Vera.

4Belimbing

Buah yang terkenal dengan rasa asam dan menyegarkan ini memiliki nama latin Averrhoa Carambola. Buah yang mengandung vitamin A, B dan C ini merupakan salah satu tanaman obat yang dapat digunakan sebagai pengobatan herbal yang berguna meningkatkan imunitas tubuh.

Selain itu Belimbing bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, kolesterol, mencegah kanker, memelihara kesehatan jantung, merangsang produksi Asi bagi ibu menyusui, baik untuk kesehatan pencernaan dan banyak lagi manfaat Belimbing bagi kesehatan tubuh.

3Daun Dewa

Tanaman obat yang bisa tumbuh hingga 40cm ini memiliki nama latin Gynura Divaricata dan di negeri ginseng China dikenal dengan sebutan Samsit.

Tanaman obat Daun Dewa dapat membantu menurunkan darah tinggi, meningkatkan imunitas tubuh, mengobati stroke dan masih banyak lagi manfaat dari Daun Dewa untuk kesehatan tubuh.

2Temulawak

Tanaman obat dengan nama latin Curcuma Xanthorrihiza ini digunakan sebagai bahan dasar jamu herbal dimana kandungan kurkuma tinggi yang dikandung dari Temulawak dapat digunakan untuk mengobati penyakit Hepatitis khususnya Hepatitis B.

Baca Ini Juga:
  8 Kebiasaan Yang Dilakukan Orang Jepang Agar Tetap Awet Muda

Selain itu temulawak bermanfaat untuk mengurangi radang sendi, membantu gangguan pencernaan, menurunkan lemak darah, meredakan derita asma, menyembuhkan bisul dan masih banyak lagi manfaat dari Temulawak bagi kesehatan.

1Jarak

Tanaman obat dengan nama latin Ricinus Communis ini jika diolah dengan baik dan sesuai anjuran tenaga ahli kesehatan, sangat memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh.

Daun, biji, bunga dan getah dari pohon jarak dapat digunakan sebagai obat herbal untuk mengobati radang telinga, obat untuk gigi berlubang, obat sariawan, perut kembung, susah buang air besar, obat rheumatik dan masih banyak lagi.

Konklusi

8 jenis tanaman obat diatas sangat berguna untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit jika diolah dengan benar dan dikonsumsi secara teratur.

Pengobatan dengan menggunakan tanaman obat bisa disebut sebagai tanaman herbal karena bahan utamanya adalah tumbuh-tumbuhan yang mudah untuk ditemukan dan diolah sebagai obat dan dapat menyembuhkan dan berkhasiat untuk menjaga kekebatal tubuh terhadap penyakit.

Nama-nama tanaman obat diatas sangat mudah untuk dicari terutama karena sudah populer digunakan sebagai bahan herbal pengobatan dan memiliki ciri-ciri fisik yang mudah untuk diingat dan beberapa bagian seperti daun, bunga, batang dan getah dapat dimanfaatkan dan kegunaannya bagi kesehatan.

Baca Ini Juga:
  8 Tips Ampuh Agar Masakan Berkuah santan Tidak Cepat Basi

Selain dari 8 jenis tanaman obat diatas, masih banyak sekali tanaman obat lain yang berguna untuk mengobati vertigo, mengobati asam lambung, mengobati mata dan bisa dibudidayakan sebagai tanaman hidroponik.

Bahkan tanaman seperti kunyit yang mudah ditemukan di dapur dan digunakan sebagai bahan tambahan makanan yang dimasak pun sangat berguna bagi kesehatan.

Demikian 8 Jenis tanaman obat herbal yang berguna bagi kesehatan tubuh versi Wikiwindu, perlu diingat dalam pengolahan dan penggunaan jenis-jenis tanaman obat ini haruslah dipelajari terlebih dahulu.

Diharapkan untuk tidak asal digunakan saja dan sebaiknya menurut petunjuk tenaga kesehatan ahli dan orang yang mengerti dalam penggunaan tanaman obat herbal untuk kesehatan tubuh meskipun tanaman obat ini mudah ditemukan dan merupakan pengobatan yang cukup terjangkau dan murah.

Semoga bermanfaat.


Text: Jii Libranto & Nitrogenius Putra, Ilustrasi: Jii Libranto, Editor: Nitrogenius Putra