Terlihat Aneh Bagi Sebagian Orang, Ini Dia 8 Kompetisi Paling Unik Di Dunia

25
kompetisi paling unik di dunia
Ilustrasi: Jii Libranto (Doc. Wikiwindu.com)

Wikiwindu – Kali ini Wikiwindu bakal membagikan khusus untuk kamu informasi kompetisi paling unik di dunia.

Berbagai kompetisi yang dipertandingkan menjadi sebuah tontonan menarik dan bernilai bagi masyarakat setempat maupun pendatang.

Jika kamu sedang ada rencana berkunjung ke daerah maupun negara tertentu dan ingin melihat sesuatu kompetisi yang khas dari tempat tersebut, semoga referensi ini bermanfaat untuk kamu.

Dari berbagai kompetisi unik yang diadakan dari berbagai tempat dan negara, berikut ini 8 kompetisi paling unik di dunia versi Wikiwindu.

8Panco Kaki

Ide original dari kompetisi ini awalnya muncul dari empat orang yang sedang minum di sebuah pub pada tahun 1974.

Salah satu kompetisi paling unik ini digelar secara profesional dengan nama The World Toe Wrestling Championship di Inggris.

Aturan mainnya mirip seperti panco menggunakan tangan, tapi kali ini yang digunakan adalah kaki serta jari kaki yang saling cengkram antar peserta.

7Membuat Bayi Menangis

Kompetisi paling unik selanjutnya datang dari negara Jepang. Kompetisi dengan nama Nakizumo Festival ini digelar di Kuil Sensoji setiap tanggal 26 April.

Pesertanya adalah pemain Sumo, olahraga gulat asal Jepang. Dua orang pemain Sumo menggendong bayi diatas panggung.

Baca Ini Juga:
  8 Negara Penghasil Minyak Bumi Terbesar di Dunia

Peraturannya cukup sederhana, dua peserta harus berteriak “Naki!” yang berarti “menangislah!” ke arah bayi yang di gendong lawan.

Bayi yang menangis duluan akan dianggap kalah dan jika kedua bayi menangis maka bayi yang tangisannya paling keraslah yang dianggap kalah.

6Berlari Menggendong Istri

Kompetisi paling unik di dunia selanjutnya berasal dari Finlandia. Kompetisi ini dikenal dengan nama Eukonkanto.

Peraturannya adalah, seorang pria harus menggendong istrinya secara terbalik atau boleh diwakilkan wanita lain dengan syarat beratnya diatas 50 kg.

Lintasannya berjarak 255 m dan siapa yang paling cepat sampai garis finish maka dialah pemenangnya.

5Tinju Catur

Kompetisi paling unik selanjutnya merupakan gabungan dua olahraga yaitu catur dan tinju. Peserta wajib menggunakan perlengkapan tinju profesional meskipun kegiatannya adalah bermain catur.

Kompetisi dilangsungkan diatas ring tinju dimana sudah disediakan dua kursi, satu meja dimana diatas meja tersebut sudah ada papan catur.

Tinju catur ini digelar dalam 11 ronde, 5 ronde penonton akan disuguhi pertandingan tinju sedangkan 6 ronde lainnya penonton akan melihat kedua petinju duduk berhadapan dan mengeluarkan strateginya dalam permainan catur.

4Tolak Tuna

Kompetisi paling unik selanjutnya adalah Tolak Tuna. Jika biasanya kamu menonton pertandingan tolak peluru maka pada kompetisi ini peluru diganti dengan ikan tuna.

Baca Ini Juga:
  8 Prediksi Pekerjaan Masa Depan yang Paling Dibutuhkan dan Menjanjikan

Ikan tuna yang digunakan memiliki bobot sekitar 10 kg dimana pemain harus menggunakan teknik tolak peluru dan melempar ikan tuna sejauh-jauhnya.

Olahraga ini populer di Australia dimana sampai saat ini rekor yang tercatat di kompetisi Tolak Tuna ini adalah 37, 23 meter.

3Berburu Cacing

Pemegang rekor salah satu kompetisi paling unik di dunia ini adalah Tom Shufflebotham dimana ia mampu mengumpulkan 511 cacing dalam waktu 30 menit.

Peraturan kompetisi berburu cacing ini cukup sederhana, yaitu mengumpulkan cacing sebanyak-banyaknya dalam waktu 30 menit.

2Gitar Khayalan

Kompetisi paling unik ini diselenggarakan di Finlandia. Ide kompetisi Gitar Khayalan ini muncul karena banyak vokalis band terbawa suasana diatas panggung seperti sedang memetik gitar.

Kompetisi ini digelar sejak tahun 1996 dan merupakan salah satu suguhan acara di Festival Musik Oulu di Finlandia.

1Menggerutu Seperti Babi

Kompetisi paling unik di dunia ini digelar di Prancis. Peraturannya sangat sangat sangat sederhana sekali.

Para peserta harus mengeluarkan suara dan terlihat menggerutu seperti babi. Peserta yang melakukannya paling mirip baik itu suara dan ekspresinya maka dia lah pemenangnya.

Text & ilustrasi: Jii Libranto