8 Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Bermitra Dalam Bisnis Franchise

11
Persiapkan 8 Hal ini Sebelum Membuka Cabang Baru Bisnis Franchise
Ilustrasi: Jii Libranto (Doc. Wikiwindu.com)

8Jenis bisnis jangka panjang

Sebelum memulai semuanya, pertimbangkanlah ingin menjalankan jenis bisnis franchise apa. Sesuaikan jenis bisnis yang ingin dijalankan sesuai dengan kemampuan, keinginan dan minat.

Selain itu pilihlah salah satu jenis bisnis yang memiliki perhitungan keuntungan jangka panjang dan tidak laku hanya sesaat dan musiman saja.

7Target pasar

Setelah menentukan jenis bisnis yang akan dijalankan, tentukanlah target demografis yang cocok dengan jenis bisnis tersebut.

Jenis bisnis yang dijalankan tentunya akan bertahan lama jika kamu sudah turun langsung untuk melakukan peninjauan dan pengerucutan target demografis berdasarkan strategi yang matang.

6Paket kerjasama

Setelah menentukan jenis bisnis dan sudah memiliki strategi yang memiliki alasan kuat untuk membuka cabang baru dari bisnis franchise tersebut, pelajari paket kerjasama yang ditawarkan.

Segala jenis paket kerjasama beserta benefit dan perhitungan yang terkait didalamnya harus dipilih sesuai kemampuan untuk mengelola baik itu dari segi sumber daya dan tentunya sumber dana.

5Desain produk

Jangan sampai terlewat satu detail kecilpun saat berencana membuka cabang baru dari satu jenis bisnis franchise.

Segala bentuk desain terkait kemasan produk, logo, tampilan produk, interior serta eksterior yang ditawarkan dari pemiliki bisnis franchise harus menarik dan up-to-date.

Baca Ini Juga:
  8 Tokoh Kemerdekaan dan Pendiri Negara Indonesia

4Waktu dan bahan baku

Selain desain produk, perhatikan juga waktu olah dan ketersediaan bahan baku dari jenis produk yang ditawarkan bisnis franschise tersebut.

Pilihlah jenis produk yang memiliki waktu olah yang singkat untuk memotong waktu tunggu menyajikan produk ke pelanggan dan minta detail ketersediaan bahan baku untuk jangka panjang.

3Perhitungan sendiri

Perhitungan mengenai bisnis franchise pastinya akan dipaparkan oleh pemilik bisnis tersebut saat menawarkan kerjasama seperti target pasar, ketersediaan bahan, alokasi sumber daya manusia, sumber dana, desain, keuntungan dan perhitungan lain yang sifatnya jangka panjang.

Disamping itu, jangan lupa untuk membuat perhitungan sendiri. Jangan pernah terbuai atau tergiur dengan franchise murah maupun dengan pemaparan pemilik franchise sebelum memiliki perhitungan dari hasil analisa sendiri apalagi sumber dana terbatas.

2Syarat dan ketentuan

Setelah melakukan persiapan-persiapan diatas dan sudah merasa yakin, ada baiknya untuk memahami serta memenuhi persyaratan dan ketentuan yang sudah dibuat oleh pemilik franchise.

Jangan sampai ada detail yang terlewat agar dikemudian hari tidak ada kesalahpahaman karena luput beberapa intisari dari persyaratan dan ketentuan yang sudah ditetapkan.

Pemilik franchise tentunya memiliki batasan sendiri, dan mitra tentunya harus memahami dan tidak melanggar batasan tersebut.

Baca Ini Juga:
  8 Prediksi Pekerjaan Masa Depan yang Paling Dibutuhkan dan Menjanjikan

Pergunakanlah jasa konsultan profesional untuk memahami syarat dan ketentuan sendiri, atau diskusikan dengan orang lain yang lebih mengerti mengenai syarat dan ketentuan bisnis franchise.

1Rancangan fasilitas

Persiapan yang satu ini bisa dikatakan persiapan akhir dari fase pertama saat ingin memulai membuka cabang dari satu bisnis franchise.

Pemilik franchise tentunya sudah memaparkan jenis bisnis, produk, paket serta fasilitas yang ada dalam perjanjian kerja sama.

rancangan dan pengadaan fasilitas akan dikerjakan oleh tim yang diutus oleh pemilik franchise. Desain interior, eksterior, seragam staff, poster, peralatan hingga semua yang tertera dalam penawaran akan dikerjakan hingga selesai dan biasanya minimal satu orang akan diutus untuk mengarahkan pemilik cabang baru maupun staffnya.

Konklusi

Bisnis franchise merupakan bisnis yang sangat menggiurkan untuk semua kalangan yang ingin berkecimpung dalam bisnis maupun ingin melebarkan sayap bisnisnya.

Banyak jenis bisnis franchise diluar sana mulai dari fashion, makanan, hiburan, bisnis besar seperti franchise Alfamart, franchise Indomaret dan banyak sekali jenis franchise yang bisa kamu pilih sesuai minat dan kemampuan.

Waralaba makanan mungkin salah satu franchise yang paling banyak digandrungi oleh penggiat bisnis pemula maupun senior.

Jika kamu memang berminat dan berniat ingin berkecimpung didalam bisnis waralaba, tidak ada salahnya untuk memantau jadwal pameran franchise dan jenis franchise yang sedang tren di tahun 2018.

Baca Ini Juga:
  Sempat Berganti Nama, Inilah 8 Nama Perusahaan Raksasa Sebelum Terkenal
Penulis: Jii Libranto & Nitrogenius Putra
ilustrasi: Jii Libranto
Editor: Nitrogenius Putra