8 Sambal Khas Nusantara, Makin Pedas Makin Cinta Indonesia

16
8 Sambal Khas Nusantara, Makin Pedas Makin Cinta Indonesia
Ilustrasi: Jii Libranto (Doc. Wikiwindu.com)

8Sambal Mangga

Sambal khas Nusantara asli Indonesia selanjutnya yang wajib kamu coba adalah Sambal Mangga yang identik dengan rasa pedas, asam dan menyegarkan khas buah mangga.

Bahan dan resep sambal mangga adalah mangga muda, cabai rawit, cabai merah, bawang merah, bawang putih, gula jawa, gula pasir, garam dan jeruk lemon.

Cara membuat sambal mangga yang enak adalah, iris mangga muda memanjang dan cuci bersih. Lalu ulek bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, gula jawa, gula pasir dan tambah dengan garam secukupnya.

Setelah diulek hingga halus, masukkan mangga uang sudah diiris sebelumnya dan dan dicampur dan beri air perasan lemon dan gepresk hingga mangga sedikit penyet.

7Sambal Bajak

Sambal khas Nusantara asli Indonesia selanjutnya adalah Sambal Bajak. Sambal Bajak bisa kamu temukan didaerah Banten, Jawa Timur dan Solo.

Rasa dari Sambal Bajak adalah asam, tidak terlalu pedas dan tentunya gurih dan cocok dihidangkan bersama banyak jenis hidangan.

Bahan dan resep membuat sambal bajak yang enak adalah cabai merah, tomat, terasi, bawang merah, bawang putih, lengkuas, daun salam, asam jawa, gula merah, garam dan minyak goreng.

Cara membuat sambal bajak Banten, Solo dan Jawa Timur yaitu: tumis cabai merah, bawang merah, bawang putih, serai, daun salam, terasi dan lengkuas.

Terasi yang ditumis jangan lupa untuk disangrai terlebih dahulu. Lalu haluskan hasil tumisan dengan ditumbuk di cobek.

Baca Ini Juga:
  8 Aplikasi Kuliner Cari Tempat Makan Terdekat Sesuai Budget

6Sambal Tempoyak

Sambal Tempoyak adalah sambal khas Nusantara asli Indonesia yang bisa kamu temukan diberbagai daerah seperti Lampung, Palembang, Bengkulu, Jambi dan Pontianak.

Bahan-bahan dan resep Sambal Tempoyak adalah buah durian, cabe keriting, bawang merah, bawang putih, kaldu, garam, minyak, udang dan gula sebagai penyedap rasa.

Cara membuat sambal tempoyak yaitu tumbuk bawang putih dan bawang merah dan tumis dengan minyak panas dan masukkan buah durian fermentasi dengan bumbu lainnya.

5Sambal Ijo

Sambal Ijo khas Padang sangat mudah ditemui apalagi kamu pecinta nasi padang. Resep turun temurun sambal ijo padang asli ini sangat enak sekali.

Bahan dan resep sambal cabe ijo khas padang asli adalah bawang putih, tomat hijau, bawang merah, minyak goreng, jeruk nipis, gula pasir, garam, cabe rawit dan cabe hijau yang besar.

Cara membuat sambal cabe ijo asli padang yaitu potong cabe hijau dan cabe rawit. Lalu kukus dengan tomat, bawang merah dan bawang putih. Setelah itu tumbuh hingga bahan tercampur.

Tumis tumbukan tersebut dan tumis dengan minyak goreng dan aduk hingga merata dengan gula, perasan air jeruk serta garam.

Kamu bisa menyajikan sambal cabe ijo dengan lauk ayam, ikan asin, cumi-cumi asin atau dengan jengkol.

Baca Ini Juga:
  8 Makanan yang Jika Salah Olah Bisa Sangat Beracun, Membuat Sakit dan Mematikan

4Sambal Andaliman

Sambal Andaliman adalah sambal khas Nusantara asli dari Tapanuli. Kalau kamu kebetulan berkunjung ke Sumatera Utara, kamu wajib untuk mencoba Sambal Andaliman.

Bahan-bahan dan Resep utama Sambal Andaliman adalah buah Andaliman, kemiri, serai, jeruk nipis, cabe rawit dan tomat.

Sambal Andaliman asli Tapanuli cocok sekali disantap bersama ikan mas panggang dan ikan mujair goreng apalagi jika kamu sangat suka rasa asam.

3Sambal Dabu-dabu

Selain Sambal Roa, Manado memiliki sambal khas Nusantara lain yang tidak kalah pedas dan enaknya.

Bahan dan resep Sambal Dabu-dabu asli Manado adalah tomat, cabe hijau, cabe rawit, bawang merah dan jeruk nipis.

Cara membuat Sambal Dabu-dabu yaitu potong kecil-kecil semua bahan, lalu campur semua bahan menjadi satu. Setelah itu siram dengan air perasan jeruk nipis dan minyak goreng panas.

Bentuk Sambal Dabu-dabu dan cara pembuatannya mirip seperti Sambal Matah. Bedanya, ada tambahan bahan yaitu tomat.

Sambal Dabu-dabu asli Manado cocok disajikan bersama ayam panggang, sate bahkan ikan bakar.

2Sambal Roa

Sambal Roa adalah sambal khas Nusantara asli Manado. Saking enaknya, pedasnya Sambal Roa yang buat kamu yang sedang diet jadi gagal karena membuat nafsu makan bertambah.

Bahan dan Resep utama Sambal Roa asli Manado adalah ikan Roa, air perasan lemon dan garam.

Baca Ini Juga:
  8 Obat Herbal Untuk Kanker Mulut Rahim / Kanker Serviks

Cara membuat Sambal Roa Manado yaitu ikan roa yang sudah diasapi direndam selama 1 hari dengan air perasan lemon ditambah sedikit garam.

Setelah itu bersihkan ikan roa yang sudah direndam dengan air hingga bersih dan panggang hingga matang minimal 6 jam.

1Sambal Matah

Sambal Matah merupakan sambal khas Nusantara yang berasal dari Bali. Sambal Matah terlihat berwarna-warni saat disajikan.

Bahan dan resep membuat sambal matah khas bali yang enak adalah irisan bawang merah, cabe rawit, terasi, daun jeruk, tomat, cabe merah, cabe hijau, jeruk nipis dan serai.

Cara membuat/bikin sambal matah rasa lokal khas bali yaitu mencampur bahan-bahan diatas menjadi satu dan diberi perasan air jeruk nipis lalu siram dengan minyak goreng yang panas.

Sambal matah sudah sangat populer saat ini karena tidak hanya identik dengan makan berat seperti ayam goreng, ayam kremes dan ikan goreng.

Rasa lokal sambal matah khas bali yang enak kini dikombinasikan dengan oleh-oleh seperti keripik singkong sambal matah bali.