8 Dampak Positif Makan Bersama Keluarga Bagi Masa Pertumbuhan Anak

14
8 Dampak Positif Makan Bersama Keluarga Bagi Masa Pertumbuhan Anak
Ilustrasi: Jii Libranto (Doc. Wikiwindu.com)

8Kesempatan Menjalin Komunikasi

Makan bersama keluarga memberikan kesempatan anggota keluarga untuk kembali menjalin komunikasi setelah sehari-hari sibuk dengan kegiatan masing-masing.

Berbicara saat makan merupakan hal yang sebaiknya dihindari agar tidak tersedak, tetapi kehangatan yang dirasakan anak saat berkumpul dan sesekali diajak berdiskusi sangat membantu tumbuh kembang anak.

7Mengontrol Asupan Nutrisi

Anak yang memakan makanan yang dimasak orang tua dirumah pastinya mendapatkan asupan nutrisi dan vitamin lebih baik dari jajanan diluar sana.

Rata-rata anak akan sangat mengindari makan sayuran. Tetapi dengan rutinitas makan bersama, orang tua secara perlahan meyakinkan makanan yang dimakan berguna untuk tumbuh kembangnya.

6Mengasah Ketrampilan Bersosial

Berkumpul dan makan bersama dapat mengasah ketrampilan bersosial anak karena anak diajak untuk menjadi pendengar.

Anak juga diajak untuk sabar mendahulukan orang lain saat mengambil sesuatu dan tidak menghabiskan makanan untuk diri sendiri karena ada orang lain juga selain dia di meja makan.

Orang tua punya kesempatan untuk mengajarkan anak bagaimana seharusnya memperlakukan orang lain dimulai dari keluarga di meja makan.

4Menjaga Hubungan Baik

Makan bersama keluarga membuat anak berkesempatan untuk membangun hubungan baik dengan orang tua dan saudara saudarinya.

3Meningkatkan Rasa Bersyukur

Sesekali berkumpul makan diluar maupun makan di rumah dapat meningkatkan rasa bersyukur anak terhadap apa yang sudah disajikan didepan matanya.

Orang tua berkesempatan untuk menjelaskan kenapa menu makanan yang ada di depan ini yang harus dimakan dan sering makan diluar bukanlah keputusan yang baik.

Para orang tua bisa menjelaskan bahwa makanan yang sedang dikunyah tersebut didapat dari hasil bekerja seharian dan harus disyukuri.

2Mengajarkan Keterbukaan

Jika anak sudah terbuka dalam berkomunikasi, anak akan cendrung terbuka dengan hambatan dan hal-hal yang ia hadapi sehari-hari.

Butuh kerja ekstra untuk membuat anak terbuka untuk bercerita dan makan bersama mencairkan suasana membentuk kedekatan spesial membuat anak perlahan-lahan bisa terbuka.

1Melatih Disiplin

Dengan tata krama yang berlaku saat makan bersama, anak bisa diajari untuk displin dan tidak rewel.

Rasa syukur terhadap makanan yang disajikan, menjadi pendengar yang baik, mendahulukan orang lain dan terbuka dalam berkomunikasi bisa menjadi disiplin yang berguna bagi anak dikemudian hari.