8 Keuntungan dan Manfaat Minum Air Mineral Bagi Kesehatan Tubuh

77
8 Keuntungan dan Manfaat Minum Air Mineral Bagi Kesehatan Tubuh
Ilustrasi Wikiwindu / Jii Libranto

Wikiwindu Air mineral merupakan air yang berasal dari sumber mata air alam yang memiliki kandungan nutrisi, kalsium, garam, sulfur dan gas. Meskipun lebih mahal dari air biasa, terdapat banyak manfaat minum air mineral bagi kesehatan tubuh.

Rajin mengkonsumsi air sangat bermanfaat bagi tubuh, terutama untuk kamu yang banyak bergerak dan beraktifitas. Minum air dapat membantu mengembalikan komposisi air didalam tubuh yang keluar bersama keringat dan buang air kecil.

Tubuh manusia dewasa memiliki setidaknya 60% kandungan air. Jika kurang, maka tubuh akan mengalami beberapa efek samping seperti dehidrasi, berkurangnya kelembaban kulit, mulut kering, kelelahan dan migrain.

Selain minum air biasa, mengkonsumsi air mineral dapat membantu tubuh untuk menghindari efek samping tersebut, dan berikut ini infomasi 8 keuntungan dan manfaat minum air mineral bagi kesehatan tubuh versi Wikiwindu Lifestyle.
8
Photo by Benjamin Voros on Unsplash

Membantu mengeluarkan racun

Selama beraktifitas, tubuh manusia mengeluarkan racun melalui keringat dan buang air kecil. Manfaat minum air mineral bagi kesehatan karena dapat mengembalikan komposisi air yang keluar bersamaan dengan proses pengeluaran racun dan menjaga stabilitas proses tersebut selanjutnya.

7
Photo by Vance Osterhout on Unsplash

Meningkatkan imunitas secara alami

Kadar air didalam tubuh manusia membantu melawan berbagai jenis penyakit seperti panas dalam, sariawan, sakit tenggorokan, demam & penyakit lainnya. Manfaat minum air mineral adalah untuk menyeimbangkan komposisi air yang sebagian digunakan untuk mempertahankan imunitas tubuh.

Baca Ini Juga:
  8 Macam Phobia Yang Paling Umum Ditemukan, Takut Papasan Sama Mantan Termasuk Juga?
6
Photo by Christin Hume on Unsplash

Membantu proses pencernaan

Kandungan sulfur pada air mineral membantu kinerja organ seperti pankreas untuk mengeluarkan enzim pencernaan & menghasilkan hormon penting bagi tubuh. Kadar sulfur yang rendah pada tubuh mengakibatkan timbulnya diare & sembelit karena proses pencernaan makanan yang tidak baik.

5
Photo by Suhyeon Choi on Unsplash

Menjaga fungsi ginjal

Setiap hari ginjal menyaring keluar kotoran & memindahkan urin kekantung kemih serta memproses 200 liter darah. Untuk membersihkan limbah kotoran dari proses tersebut, ginjal setidaknya membutuhkan asupan air yang cukup agar terhindar dari resiko batu ginjal dan gagal ginjal.

Komposisi kalsium pada air mineral memberikan magnesium untuk tubuh menurunkan konsentrasi kalsium dan oksalat agar tidak terjadi pembentukan batu ginjal.

4
Photo by rawpixel on Unsplash

Meningkatkan kesehatan tulang

Kandungan mineral/kalsium dalam air mineral membantu mempertahankan kepadatan tulang manusia. Kepadatan tulang penting karena postur tubuh ditopang oleh tulang. Resiko dari kurang padatnya tulang adalah semakin cepatnya proses pengeroposan tulang sejak dini seperti osteoporosis.

3
Photo by Jamie Street on Unsplash

Menjaga keseimbangan elektrolit

Dehidrasi timbul dari kurangnya komposisi garam kalium, natrium, klorida & bikarbonat di dalam tubuh & disebut juga elektrolit. Manfaat minum air mineral yaitu membantu elektrolit bersama sel-sel dalam tubuh manusia menyerap air agar kadarnya seimbang & terhindar dari migrain.

Baca Ini Juga:
  8 Tips Menghilangkan Rasa Cemburu dan Prasangka Buruk Pada Pasangan
2
Photo by Miguel Bruna on Unsplash

Meningkatkan energi

Rutin minum air mineral membantu tubuh menghindari proses kelelahan berlebihan saat beraktifitas. Aktifitas berolahraga, berkegiatan maupun tidur dapat mengurangi energi tubuh. Hal itulah yang membuat dianjurkannya seseorang mengkonsumsi air saat bangun maupun beraktifitas.

Air mineral membantu mengatasi kelelahan, menormalkan dan menyegarkan tubuh saat beraktifitas berat maupun lemas saat bangun karena tubuh berada dalam posisi tertentu untuk waktu yang cukup lama.

1
Photo by Michael Dam on Unsplash

Mencegah penuaan dini

Tubuh mengalami proses normal pengeluaran racun bersama keringat dari pori-pori atau buang air dapat mencegah penuaan dini. Air mineral mengandung silikon & oksigen membantu sel tertentu pada tubuh yang berfungsi mengencangkan, memperlambat proses pengerutan & melembabkan kulit.

Kondisi tubuh tertentudiharuskan menjaga asupan garam yang masuk ke dalam tubuh terutama yang memiliki riwayat hipertensi, pastikan untuk meminum air mineral yang rendah kadar garam atau konsultasi terlebih dahulu dengan petugas kesehatan yang lebih mengerti.