8 Tips Mengobati Kulit Kepala Gatal

66
8 Cara Mengobati dan Mengatasi Kulit Kepala Gatal Serta Penyebabnya
Ilustrasi: Jii Libranto (Doc. Wikiwindu.com)

Saat kamu mencari cara mengatasi kulit kepala gatal, sebaiknya kamu juga harus tahu apa sih yang menjadi penyebab kulit kepala gatal, berair, mengelupas, timbul benjolan, bernanah dan luka.

Berikut ini sebagian penyebab timbulnya kulit kepala gatal yang sudah admin Wikiwindu rangkum.

Penyebab kulit kepala gatal

8 Cara Mengobati dan Mengatasi Kulit Kepala Gatal Serta Penyebabnya

Penyakit peradangan kulit

Penyakit peradangan kulit (Psoriasis) merupakan salah satu penyebab utama timbulnya perasaan gatal pada area kulit kepala.

Tanda-tanda terjadinya peradangan kulit yaitu timbulnya bintik-bintik merah, kulit kepala terasa tebal, kulit kepala kering, dan kulit kepala mengelupas.

Penyakit peradangan kulit ini masuk kedalam golongan penyakit kronis yang dapat menyerang bagian kulit diarea kepala, leher, sikut dan lutut.

Ketombe

Umumnya kulit kepala kering berkerak dan mengelupas karena penyebaran ketombe yang tidak terkontrol.

Penyebaran jamur yang tidak segera diatasi dapat membuat kulit kepala mengeluarkan minyak berlebihan sehingga penyebaran ketombe semakin menjadi-jadi.
Rambut tidak bersih

Untuk kamu yang memiliki rambut yang berminyak dan jarang dibersihkan, bisa jadi menjadi salah satu penyebab kulit kepala gatal.

Rambut yang kurang bersih dan jarang dibersihkan dan dibilas secara rutin dapat menghilangkan nutrisi rambut dan terjadi tumpukan sel-sel kulit mati di kepala.

Penyakit kulit Dermatitis Seboroik

Penyakit kulit Dermatitis Seboroik dapat menyebabkan kulit kepala merah, membuat kulit kepala bersisik dan timbulnya ketombe.

Jika tidak segera diatasi, penyakit kulit ini bisa membuat pertumbuhan jamur sangat tidak terkendai sehingga perasaan garal secara terus-menerus akan dirasakan.

Cara Mengatasi Kulit Kepala Gatal

Berikut ini uraian informatif tips mengatasi kulit kepala gatal versi Wikiwindu.

8Gunakan shampo untuk kulit kepala gatal yang mengandung Zinc Pyrithione

8 Cara Mengobati dan Mengatasi Kulit Kepala Gatal Serta Penyebabnya

Bagi kamu yang mengalami kulit kepala gatal karena ketombe yang berakibat kulit kepala berkerak bisa diatasi dengan menggunakan shampo yang mengandung Zinc Pyrithione.

Kandungan Zinc Pyrithione atau antijamur/antifungal dapat mengatasi kulit kepala gatal yang disebabkan oleh jamur penyebab ketombe.

Ketombe dapat menjadi penyebab kulit kepala gatal karena kulit kepala kering sehingga mengelupas dan menjadi berkerak.

Baca Ini Juga:
  8 Tips Mengatasi Gangguan Susah Tidur

Disarankan saat mengalami kulit kepala gatal untuk tidak menggaruk sehingga menyebabkan kulit kepala luka dan malah membuat sakit dan semakin gatal.

Shampo untuk kulit kepala gatal yang mengandung Zinc Pyrithione dapat mengontrol penyebaran jamur membandel.

7Menggunakan salep oles atau cuka apel

8 Cara Mengobati dan Mengatasi Kulit Kepala Gatal Serta Penyebabnya

Tips selanjutnya bagaimana cara mengatasi kulit kepala gatal yaitu dengan melembabkan kulit kepala menggunakan salep oles dan cuka apel khusus untuk kulit kepala.

Menggunakan salep oleh cuka apel sebagai pelembab kepala dapat meredakan hingga menghilangkan penyebab kulit kepala gatal yang disebabkan oleh penyakit peradangan kulit.

Penggunaan salep oles ini sebaiknya dilakukan setelah berkonsultasi dengan dokter dan ahli kesehatan kulit kepala dan rambut karena dalam kondisi kepala tertentu, cara ini dapat membuat kulit kepala perih dan sebaiknya bilaslah kepala dan rambut jika sudah merasakan perih.

Perih bisa disebabkan karena kulit kepala luka atau timbulnya bintik merah karena penyakit kulit yang menyerang area kepala. Jadi sebaiknya konsultasi kepada ahli sebelum menerapkan tips ini.

Karena jika tidak berkonsultasi terlebih dahulu, bukan hanya membuat kulit kepala semakin gatal tetapi juga bisa menambah luka dan menimbulkan bintik merah yang menyebabkan kulit kepala panas dan mengelupas.

6Memakai shampo bayi dan minyak pohon teh

8 Cara Mengobati dan Mengatasi Kulit Kepala Gatal Serta Penyebabnya

Tips selanjutnya bagaimana cara mengatasi kulit kepala gatal yaitu dengan menggunakan shampo bayi yang dicampurkan dengan minyak pohon teh.

Minyak pohon teh (tea tree oil) memiliki banyak manfaat bagi kesehatan terutama untuk pengobatan kulit.

Tetapi dalam penerapannya, minyak pohon kelapa tidak selamanya bermanfaat, karena kondisi kesehatan dan kulit manusia berbeda-beda sehingga saat menggunakan minyak pohon kelapa kamu harus mencampurkannya dengan shampo bayi.

Minyak pohon teh yang mengandung antifungal/antijamur dapat mengurangi penyebaran jamur yang menyebabkan kulit kepala mengelupas yang membuat kulit kepala gatal terus-menerus.

Menggunakan shampo bayi yang dicampurkan dengan minyak pohon teh dapat mengatasi Kulit kepala gatal tapi tidak berketombe karena penyebab kulit kepala gatal bukan hanya karena rambut berketombe.

Baca Ini Juga:
  8 Tips Menghilangkan Bau Badan Agar Si Dia Tidak Menjauh

5Mengoleskan minyak Jojoba

8 Cara Mengobati dan Mengatasi Kulit Kepala Gatal Serta Penyebabnya

Dengan mengoleskan minyak Jojoba, kamu yang Sedang mengalami kulit kepala gatal sekali dan gatalnya terasa terus-menerus yang mengakibatkan rambut rontok parah dapat menjadi cara ampuh untuk mengatasinya.

Minyak Jojoba cocok digunakan untuk kamu yang ingin mengobati kulit kepala gatal karena kulit kepala kering.

Kulit kepala kering dapat menebabkan timbulnya kerak karena kamu secara tidak sadar menggaruk kulit kepala untuk mengurangi gatal yang kamu rasakan.

Saat kamu merasakan gatal, segeralah mengoleskan minyak jojoba secara halus agar tidak membuat kulit kepala luka dan malah membuat semakin gatal.

Struktor molekul yang terdapat pada minyak jojoba sangat mirip dengan minyak yang dikeluarkan kelenjar minyak di kulit kepala.

Sebelum tidur, oleskan minyak jojoba secara rutin dan cuci rambut setelah bangun pagi hingga bersih.

4Memakai shampo yang mengandung Salicylic Acid

8 Cara Mengobati dan Mengatasi Kulit Kepala Gatal Serta Penyebabnya

Penggunaan shampo yang mengandung Salicylic Acid cocok untuk kamu yang ingin mengatasi kulit kepala gatal karena penyebaran jamur.

Asam salisilat (Salicylic Acid) dapat meredakan penyakit peradangan kulit yang menyebabkan kulit kepala terkelupas, kering, menebal dan bersisik karena terkelupas.

Saat menggunakan shampo yang mengandung Salicylic Acid, jangan lupa untuk membilas rambut dan kepala hingga bersih karena kandungan bahan kimia tidak baik jika tertinggal dikulit kepala seharian.

3Mengoleskan perasan air jeruk lemon

8 Cara Mengobati dan Mengatasi Kulit Kepala Gatal Serta Penyebabnya

Tips selanjutnya untuk kamu yang sedang mencari cara mengatasi kulit kepala gatal yaitu dengan mengoleskan air perasan jeruk lemon.

Cara ini cocok untuk kamu yang merasakan gatal pada area kulit kepala karena ketombe maupun gatal karena masalah kebersihan.

Lemon mengandung antiseptik yang cocok untuk mengatasi kulit kepala gatal untuk meredakan rasa gatal dan mengurangi penyebaran ketombe.

Tetapi harus diperhatikan bahwa air perasan lemon mungkin kurang cocok untuk kamu yang merasakan gatal pada kulit kepala luka.

Baca Ini Juga:
  8 Tips Merawat Rambut Rusak

Luka pada kulit kepala harus ditangani secara lebih lanjut dengan berkonsultasi dengan dokter dan ahli kesehatan rambut.

2Jaga kebersihan khususnya area tempat tidur

8 Cara Mengobati dan Mengatasi Kulit Kepala Gatal Serta Penyebabnya

Kurang bersihnya lingkungan dan tempat kamu rutin beraktifitas dan beristirahat bisa menjadi penyebab kulit kepala gatal.

Tempat tidur, seprei, bantal dan selimut yang kamu gunakan harus rutin dibersihkan untuk menghindari tumbuhnya jamur dan bakteri yang dapat hinggap dikulit kepala dan rambut.

Walaupun kamu mencoba berbagai shampo dan cara mengatasi kulit kepala gatal tetapi area tempat kamu tidur tidak bersih, penyebab kulit kepala gatal akan kembali terus-menerus.

1Mengoleskan potongan daun lidah buaya

8 Cara Mengobati dan Mengatasi Kulit Kepala Gatal Serta Penyebabnya

Campuran kompleks pelembab atau Emolien pada lidah buaya bisa menjadi alternatif untuk menjaga kelembaban kulit sehingga dapat meredakan kulit kepala gatal.

Untuk kamu yang merasakan kulit kepala gatal dan berair bahkan bernanah bisa coba kamu gunakan potongan lidah buaya dengan mengoleskan potongannya di area kulit kepala yang gatal.

Lidah buaya mengandung enzim anti-inflamasi dan vitamin A, C, B12 dan E yang dapat meredakan, mengatasi dan mengobati kulit khususnya kulit kepala.

Referensi eksternal 8 uraian informatif cara mengatasi kulit kepala gatal dan penyebabnya:

Kulit Kepala Sering Gatal, Waspada Terkena Penyakit Serius

Bahan-bahan Alami untuk Mengusir Kulit Kepala Gatal • Hello Sehat

Penyebab Kulit Kepala Gatal dan Cara Mengatasinya – MeraMuda

Kulit Kepala Gatal Terus Menerus, Mungkin Ini Penyebabnya

4 Penyebab Kulit Kepala Gatal, Tak Hanya Karena Ketombe!

5 Cara Mudah Mengatasi Gatal Pada Kulit Kepala – Lifestyle Liputan6

Kulit Kepala Sering Gatal Bisa Menyebabkan Masalah Serius – Dokter Sehat