8 Negara Penghasil Minyak Bumi Terbesar di Dunia

295
8 Negara Penghasil Minyak Bumi Terbesar di Dunia
Ilustrasi: Jii Libranto (Doc. Wikiwindu.com)

Brunei Darussalam adalah negara di Asia Tenggara yang hanya mengandalkan minyak bumi sebagai penghasil utamanya. Tapi apakah Brunei Darussalam masuk dalam daftar 8 besar Negara penghasil minyak bumi terbesar di Dunia?

Spesial pada uraian kali ini, Wikiwindu akan berbagi dua topik informasi khusus untuk kamu, yaitu:
  •  8 Negara Penghasil Minyak Bumi Terbesar di Dunia;
  • dan, 8 Pertanyaan umum yang berkaitan dengan minyak bumi.
Jadi, baca uraian ini sampai habis ya.

8 negara penghasil minyak bumi terbesar di dunia

8Irak

Negara yang terletak dibagian Asia Barat Daya ini merupakan anggota OPEC (Organization of the Petroleum Exporting Countries). Di Irak juga lah OPEC didirikan pada 14 September 1961 di ibu kota Irak, Bagdad.

Negara dengan mata uang Dinar Irak dan memiliki total 36 juta penduduk ini merupakan negara ke-8 penghasil minyak bumi terbesar di dunia dengan 3.371.000 bbl/hari.

7Iran

Negara yang dulu dikenal dengan nama Persia ini terletak di benua Asia tepatnya di Asia Barat Daya. Negara yang memiliki ibukota bernama Teheran ini merupakan negara ke-7 penghasil minyak bumi terbesar di dunia dengan 3.375.00 bbl/hari.

Sama seperti Irak, Iran juga termasuk salah satu pendiri dan bergabung di OPEC sejak September 1960.

6Uni Emirat Arab

Uni Emirat Arab merupakan sebuah negara federasi dari kumpulan 7 Emirat (Dubai, Abu Dhabi, Ajman, Fujairah, Sharjah, Umm al-Qaiwain dan Ras al-Khaimah) yang terkenal kaya akan minyak bumi.

Uni Emirat Arab mampu menghasilkan minyak bumi dengan jumlah 3.471.000 bbl/hari. UEA juga masuk kedalam keanggotaan OPEC sejak November 1967.

Baca Ini Juga:
  8 Negara Dengan Koneksi Internet Paling Lambat Di Dunia

5Kanada

Negara yang terletak di bagian utara sekaligus negara terluas di Amerika Utara ini merupakan negara ke-5 penghasil minyak terbesar di dunia karena mampu menghasilkan minyak bumi dengan jumlah 4.383.000 bbl/hari.

4China

Negara yang disebut juga sebagai Republik Rakyat Tiongkok ini merupakan negara dengan penduduk terbesar di dunia dengan total 1,35 miliar dan juga merupakan negara ke-4 penghasil minyak bumi terbesar di dunia dengan 4.572.000 bbl/hari.

3Rusia

Rusia adalah negara terluas di dunia yang mencakup seperdelapan luas bumi dengan luas 17.125.200 km². Rusia adalah negara ke-3 penghasil minyak bumi terbesar di dunia dengan jumlah 10.853.000 bbl/hari.

2Arab Saudi

Arab Saudi merupakan negara terbesar ke lima di Asia dan berbatasan langsung dengan negara Irak Utara. Arab saudi mampu menghasilkan minyak bumi dengan jumlah 11.624.000 bbl/hari dan merupakan negara pendiri OPEC dan tergabung sejak September 1960.

1Amerika Serikat

Negara penghasil minyak bumi terbesar di dunia saat ini adalah Amerika Serikat. Amerika Serikat mampu menghasilkan minyak bumi dengan jumlah 13.973.000 bbl/hari. Minyak merupakan komoditas impor terbesar dari Amerika.

*bbl/hari: Barrel per hari

8 Pertanyaan umum yang berkaitan dengan Minyak Bumi

1. Apakah minyak bumi termasuk salah satu sumber energi?

Betul, minyak bumi memiliki kepadatan energi yang sangat tinggi dan bisa diolah menjadi banyak bahan mentah dan produk dan bahkan sisa produksi dari minyak bumi bisa diubah menjadi materi lain serta minyak bumi digunakan sebagai sumber energi “paling” utama sejak tahun 1950an.

Baca Ini Juga:
  8 Jembatan Terpanjang di Dunia
2. Mengapa minyak bumi dikatakan sebagai energi fosil atau bahan bakar fosil?

Karena minyak bumi terbentuk dari sisa-sisa organisme yang ada di bumi yang tertimbun pada lapisan bebatuan selama rentang jutaan tahun dan menjadi fosil.

3. Dampak pembakaran dan sisa pembakaran minyak bumi bagi lingkungan dan manusia?

Dampak pembakaran dan sisa pembakaran minyak bumi bagi lingkungan yaitu dapat menimbulkan pencemaran udara jika terjadi pembakaran tidak sempurna seperti timbulnya kabut asap, hujan asam dan tentunya pemanasan global.

Dampak pembakaran dan sisa pembakaran minyak bumi bagi manusia yaitu dapat menimbulkan gangguan kesehatan bagi manusia seperti gangguan pernafasan, kangker paru-paru, kerusakan tulang sumsum dan kanker ginjal.

4. Energi alternatif pengganti minyak bumi?

Ethanol merupakan bahan bakar sekaligus energi alternatif pengganti minyak bumi yang dihasilkan dari fermentasi karbohidrat secara anaerob yang dapat diperbaharui karena mudah didapatkan sumbernya dari komoditas yang mengandung karbohidrat tinggi seperti padi dan jagung.

5. Proses pembentukan minyak bumi terjadi selama?

Proses: Jasad renik » Terbawa air sungai bersama lumpur » Diproses jutaan tahun » mengendap di dasar laut » berubah menjadi bintik-bintik dan gelembung minyak » Terakumulasi pada daerah perangkap (batuan kedap) » Gas alam, minyak dan air terakumulasi sebagai deposit minyak bumi. (Sumber: RuangGuru)

Proses pembetukan minyam bumi terjadi dalam waktu yang sangat lama hingga jutaan tahun lamanya.

Baca Ini Juga:
  Terlihat Mewah, Elegan dan Berkelas, Ini 8 Jas Termahal Di Dunia
6. Mengapa gas alam dapat ditemukan bersama minyak bumi?

Karena minyak bumi dan gas alam sama-sama terbentuk melalui proses yang sama, yaitu proses pengendapan sisa-sisa organisme di bumi yang tertimbun pada lapisan bebatuan hingga waktu yang lama.

7. Negara di asia tenggara yang hanya mengandalkan minyak bumi sebagai penghasilan utamanya adalah?

Negara di asia tenggara yang hanya mengandalkan minyak bumi sebagai penghasilan utamanya adalah Brunei Darussalam. Negara Brunei Darussalam adalah negara di asean yang mempunyai pendapatan per kapita paling tinggi.

8. Proses pembentukan dan pemisahan traksi-traksi minyak bumi serta kegunaannya adalah?
  • Proses penguapan: Pada proses penguapan, minyak bumi dialirkan melalui pipa menuju dapur pemanasan sehingga berubah menjadi uap.
  • Pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi:
    • Gas, Kegunaan: Bahan bakar gas LPG & Bahan baku berbagai produk petrokimia.
    • Petroleum eter, Kegunaan: Pelarut Non-polar dan  Cairan Pembersih.
    • Ligronin/Nafta, kegunaan: Pelarut Non-polar dan Zat aditif pada bensin.
    • Bensin, kegunaan: Bahan bakar.
    • Solar, kegunaan: Bahan bakar diesel
    • Oli, kegunaan: Pelumas
    • Residu, kegunaan: Lilin, Aspal dan paraffin.