8 Tips Ampuh Agar Masakan Berkuah santan Tidak Cepat Basi

11
makanan masakan bersantan
Ilustrasi: Jii Libranto (Doc. Wikiwindu.com)

8Jangan Mengaduk Makanan Bersantan

Sebaiknya masakan bersantan tidak diaduk dan segera tutup wadah dan biarkan saja diatas kompor dan tidak perlu dipindahkan letaknya.

7Pilih kelapa parut yang masih segar

Jika kamu ingin memasak makanan yang mengandung santan, sebaiknya pilihlah kelapa yang masih segar untuk diparut. Peraslah air santan dan berikan air panas untuk menurunkan berkembangbiaknya bakteri.

6Masak hingga benar-benar matang

Pastikan memasak makanan berkuah santan hingga benar-benar matang. Masakan bersantan yang dimasak dalam keadaan mendidih belum tentu sudah matang. Masaklah santan diatas 10 menit.

5Simpan di lemari es

Setelah makanan bersantan matang, tunggu hingga dingin dan pindahkan kewadah lain untuk diawetkan di lemari es. Lapisi juga wadah tersebut dengan plastik untuk memastikan masakan tidak terkontaminasi udara luar saat lemari es dibuka tutup.

4Teknik memeras santan

Memeras santan dengan teknik tertentu bisa membuat masakan bersantan tidak mudah basi. Pastikan tangan sudah benar-benar bersih dan gunakan air panas untuk membuat santan lebih kental.

2Hangatkan kembali masakan sebelum dihidangkan

Masakan bersantan yang sudah disimpan diwadah lain sebaiknya dihangatkan kembali jika ingin disajikan kembali. Proses tersebut dapat membuat potensi bakteri berkembang biak semakin kecil.

1Kupas kulit ari kelapa sebelum diparut

Tips terakhir agar masakan bersantan tidak cepat basi yaitu pada saat proses memarut kelapa, pastikan kulit ari kelapa tidak ikut diparut.

Konklusi

Dengan mengikuti beberapa tips diatas, kamu bisa meminimalisir cepat basinya masakan yang mengandung kuah santan.

Pastikan juga untuk sama sekali tidak mengkonsumsi lagi jika masakan tersebut sudah berbau amis dan sudah basi karena berakibat buruk untuk kesehatan.

Demikian uraian informatif 8 tips ampuh agar masakan bersantan tidak cepat basi versi Wikiwindu, semoga bermanfaat.